IPAS Topik B, Kini Aku Menjadi Lebih Tertib! Kelas 4
IPAS Topik B, Kini Aku Menjadi Lebih Tertib! Kelas 4 - Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, peraturan dapat diartikan sebagai tatanan (petunjuk, kaidah, ketentuan) yang dibuat untuk mengatur suatu hal.
Peraturan ada yang bersifat tertulis
maupun peraturan tidak tertulis. Berdasarkan proses penetapannya, peraturan ada
yang dibuat berdasarkan kesepakatan bersama namun ada juga peraturan yang
dibuat berdasarkan keputusan seorang yang memiliki wewenang. Peraturan
ditentukan dengan tujuan untuk mengatur suatu hal sehingga mencapai suatu
tujuan.
Setiap kelompok masyarakat bisa saja
memiliki peraturan yang berbeda-beda dengan tujuan yang berbeda-beda.Peraturan
tertulis merupakan aturan yang mengatur tingkah laku manusia dengan mengacu
kepada peraturan yang berlaku di negara.
Peraturan tertulis biasanya dibuat oleh
pemerintah, penguasa negara, maupun pengelola suatu tempat. Peraturan tertulis
bersifat memaksa dan mengikat. Adapun sanksi dari peraturan tertulis adalah
sanksi yang tegas. Peratu an tidak tertulis adalah
peraturan yang dibuat oleh masyarakat yang
tinggal di wilayah tertentu. Peraturan tersebut berlaku bagi masyarakat
tersebut. Contoh peraturan tidak tertulis adalah adat istiadat. Beberapa contoh
peraturan tertulis dan tidak tertulis:
1. Peraturan Tertulis
·
Membayar pajak tepat waktu
·
Memakai helm saat berkendara motor
·
Memiliki SIM dan STNK ketika ingin
mengendarai kendaraan bermotor
2. Peraturan Tidak Tertulis
·
Tidak menyalakan alat elektronik saat hari
raya Nyepi di Bali.
·
Tidak duduk selonjoran di depan orang
lain.
·
Tidak boleh menggunakan alat elektronik
(pada beberapa suku tertentu).
·
Melakukan upacara adat pernikahan,
kematian, maupun rasa syukur terhadap hasil bumi.
Pertanyaan
Esensial
1. Apakah perbedaan antara peraturan
tertulis dan tidak tertulis?
2. Mengapa kita perlu mematuhi peraturan?
3. Apa yang terjadi jika kita melanggar
norma yang berlaku di masyarakat?
Topik B, Kini Aku Menjadi
Lebih Tertib! Halaman
203
Adanya peraturan diharapkan dapat mengatur
tingkah laku manusia. Tahukah kalian, ada banyak peraturan atau norma yang
dibuat oleh manusia. Ada peraturan yang berlaku hanya di wilayah tertentu, ada juga
yang berlaku secara menyeluruh bagi semua warga negara.
Peraturan yang ada dibuat dengan mengikuti
perkembangan zaman. Oleh karena itu, dari masa ke masa peraturan akan terus
bertambah dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Ada peraturan yang tertulis
adapula yang tidak tertulis. Apa perbedaan dari kedua peraturan tersebut?
Mari
Mencari Tahu
Supaya kalian lebih mengetahui apa itu
peraturan dan bagaimana peraturan diterapkan, lakukan aktivitas berikut ini.
1.
Guru kalian akan meminta kalian mengambil
satu buah kartu berisi tulisan/gambar lokasi tertentu.
2.
Setelah mengambil kartu itu, ambillah alat
tulis kalian.
3.
Tuliskanlah dalam buku tugas hal-hal yang
boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan di tempat itu.
4.
Tuliskan juga, apa yang kira-kira akan
terjadi jika kalian melakukan hal-hal yang dilarang di tempat itu.
Lakukan
Bersama
Pada kegiatan ini, kalian akan diminta
untuk bermain peran. Sebelum mulai bermain peran, ada beberapa hal yang perlu
kalian persiapkan.
1.
Berkumpulah dalam kelompok kecil
berdasarkan kartu yang didapat pada kegiatan sebelumnya.
2.
Secara berkelompok, kalian akan
mendiskusikan dialog singkat berdasarkan situasi pada kartu yang kalian
dapatkan.
3.
Buatlah dialog tentang hal yang boleh dan
tidak boleh dilakukan.
4.
Aturlah pembagian peran dan lakukan
latihan dialog sesuai peran masing-masing.
5.
Setiap kelompok akan bermain peran secara
secara bergiliran di depan kelas.
6.
Pikirkan akibat dari pelanggaran yang
terjadi pada situasi yang dimainkan kelompok lain. Tuliskan dalam buku tugas.
7.
Guru kalian akan memimpin untuk diskusi
bersama.
Disini kalian akan diminta untuk membuat
dialog singkat yang akan kalian perankan di depan kelas. Buatlah dialog yang
menggambarkan situasi yang ada.
Topik B, Kini Aku Menjadi
Lebih Tertib! Halaman
204
Peraturan Tertulis dan Tidak Tertulis
Peraturan ada yang tertulis dan ada juga
yang tidak tertulis. Semuanya bertujuan untuk menciptakan situasi yang tertib
sehingga kita semua dapat hidup berdampingan secara damai. Di rumah ada peraturan
yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Begitu juga di sekolah,
masyarakat, jalan raya, juga tempat ibadah. Apakah ada tempat-tempat di sekitar
kalian yang memberlakukan peraturan tertentu?
Peraturan tertulis artinya
peraturan dengan sanksi yang memaksa. Biasanya peraturan ini dibuat oleh negara
atau pengelola sebuah tempat. Peraturan tidak
tertulis adalah peraturan yang dibuat oleh manusia
dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat atau daerah setempat. Sanksi
peraturan tidak tertulis ini lebih berupa teguran, peringatan, malu, atau
perasaan menyesal pada diri sendiri.
Kosakata
Baru
sanksi: hukuman yang diberikan kepada orang yang melakukan pelanggaran
Topik B, Kini Aku Menjadi
Lebih Tertib! Halaman
205
Mari
Mencari Tahu
Mari belajar mengenai peraturan tertulis
dan tidak tertulis. Simak instruksi berikut dengan saksama, ya.
1. Buatlah tabel berikut pada buku tulis kalian.
No |
Peraturan Tertulis |
Peraturan Tidak Tertulis |
1 |
Peraturan Lalu Lintas |
Menghormati yang lebih tua |
2 |
Hukum Pidana |
Adat istiadat |
3 |
Undang-undang |
Menjaga ketertiban lingkungan |
4 |
Peraturan Sekolah |
Menolong teman yang sedang membutuhkan |
2. Ingat kembali situasi bermain peran
yang telah kalian lakukan sebelumnya.
3. Tuliskan minimal 3 contoh peraturan
tertulis dan tidak tertulis dari situasi tersebut.
Mari
Refleksikan
1.
Apa hal baru yang kalian pelajari pada kegiatan
kali ini?
Jawaban
Ada banyak hal baru yang bisa kita peroleh diantaranya
adalah saya mengetahui contoh peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis
yang ada di masyarakat.
2.
Apa sajakah peraturan tidak tertulis yang ada di
lingkungan sekitar kalian? Dari mana kalian mengetahui peraturan tersebut?
Jawaban
Contoh peraturan tidak tertulis yang ada di lingkungan
sekitar adalah, menghormati yang lebih tua, Adat istiadat dan sebagainya. Saya
mengetahui peraturan dari nasehat orang tua.
3.
Apa sajakah peraturan tertulis yang ada di
lingkungan sekitar kalian? Dari mana kalian mengetahui peraturan tersebut?
Jawaban.
Contoh peraturan tertulis adalah peraturan sekolan. Undang-undang
dasar . Saya mengetahui peraturan tersebut karena tertulis dan tertuang secara jelas
baik di sekolah maupu pada buku undang-
undang.
4.
Dampak apa yang kalian rasakan/lihat dengan
adanya peraturan?
Jawaban
Jika mentaati peraturan yang ada, maka kehidupan akan terasa
lebih nyaman dan tertib.
5.
Apakah kalian pernah melanggar peraturan?
Mengapa?
Jawaban
Jawaban disesuaikan dengan kondisi kalian masing-masing
Topik B, Kini Aku Menjadi
Lebih Tertib! Halaman
206
Belajar
Lebih Lanjut
Mengenal Peraturan Tidak Tertulis
Pernahkah kalian mendengar peribahasa “Di
mana bumi dipijak, di situ langit ijunjung”?
Di lingkungan masyarakat, peribahasa itu berlaku di mana pun. Artinya ketika kita pergi
ke mana pun kita harus mengikuti aturan yang berlaku di tempat tersebut.
Peribahasa tersebut mengisyaratkan bahwa
ada aturan tersirat (tidak tertulis) yang harus kita pahami dan patuhi. Jika aturan
tersebut dilanggar, maka sanksi yang didapat bisa berupa teguran maupun rasa
malu.
Mengenal Peraturan Tertulis
Jalan raya perlu memiliki sebuah peraturan
agar para penggunanya, baik yang berkendara maupun yang berjalan kaki, bisa
dengan aman melakukan aktivitasnya. Peraturan berlalu lintas untuk keselamatan
ini dituliskan dengan jelas. Hal ini dilakukan agar semua orang memahami dan
mematuhi peraturan tersebut. Pelanggaran peraturan di jalan raya bisa berupa
sanksi tegas seperti, hukuman atau denda.
Selain peraturan tertulis tersebut, saat berkendara di jalan raya juga ada peraturan tidak tertulis yang perlu ditaati agar jalanan tertib. Misalnya, bagaimana masing-masing pengendara saling memberi jalan dan tidak menyerobot demi bisa berjalan lebih cepat.
Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Topik
B, Kini Aku Menjadi Lebih Tertib! yang bisa
kurikulum baru bahas kali ini. Ada banyak peraturan yang wajib kita penuhi agar
kehidupan di masyarakat menjadi lebih tertib.
Posting Komentar untuk "IPAS Topik B, Kini Aku Menjadi Lebih Tertib! Kelas 4"